Monggo dicari

Kamis, 23 Juni 2011

Sepuluh Tahap Perkembangan Janin yang Menentukan

Tahap Pertama ==> Minggu Pertama
Pada tahap ini, masih periode menstruasi, namun Anda seharusnya sudah melakukan persiapan-persiapan khusus, seperti mental, memperhatikan kesehatan, dan sebagainya. Memahami tahap perkembangan janin merupakan langkah pertama yang sangat menentukan sebelum Anda melakukan hal-hal lain terhadap janin yang Anda kandung.
Tahap Kedua ==> Minggu Kedua
Pada tahap ini sudah memasuki tahap  terjadinya proses pembuahan didalam rahim. Biasanya, pembuahan terjadi pada akhir minggu kedua setelah tidak ada tanda-tanda menstruasi. Pada tahap ini, sel telur yang telah dibuahi sudah melakukan proses pembelahan diri sekitar 30 jam pasca pembuahan terjadi.
Tahap Ketiga ==> Minggu Ketiga
Memasuki minggu ketiga, biasanya masih belum terasa apakah didalam rahim benar-benar sudah terbentuk embrio atau tidak. Sebab, pada tahap ini, sel telur yang membelah menjadi ratusan kali yang disebut dengan blastosit, akan menempel pada dinding rahim. Ukuran blastosit ini sangat kecil karena hanya memiliki diameter 0,1 - 0,2 mm. Tahap ini masih termasuk tahap-tahap rawan. Sebab sel-sel telur tersebut masih sangat bergantung pada kondisi mental dan kesehatansi ibu. Pada tahap ini tanda-tanda fisik sudah mulai tampak, seperti rasa lemas dsb.
Tahap Keempat ==> Minggu Keempat
Pada tahap ini, embrio janin sudah terbentuk. Meskipun masih berupa embrio, namun bakal janin ini sudah mampu memproduksi hormon kehamilan yang disebut dengan chorionic gonadotropin. hormon ini memberi tanda hasil positif pada saat melakukan tes kehamilan.
Tahap Kelima ==> Minggu Kelima
Janin sudah mengalami perkembangan yang signifikan. Pada tahap ini, panjang janin diperkirakan sekitar 1,27 mm. Tak hanya itu, sistem saraf pusat, otot, dan tulang mulai dibentuk, begitu pula dengan kerangka. Oleh karena itu, penting sekali bagi ibu hamil untuk memperhatikan asupan gizi makanannya. Sehingga, zat-zat tersebut akan diserap si janin dengan baik serta membantu mongoptimalkan sistem saraf yang sudah terbentuk itu.
Tahap Keenam ==> Minggu Keenam
Pada tahap ini ukuran embrio sudah bertambah, diperkirakan mencpai 2-4 mm, diukur dari puncak kepala hingga bokong. Pada tahap ini, jantung bayi sudh milai berdetak meskipun belum terdengar jelas. Selain itu, sistem pencernaan dan pernapasannya juga sudah mulai berfungsi. Hingga memasuki tahap ini, Anda sudah mulai dinajurkan untuk memberikan stimulasi kepada janin yang ada dalam kandungan.
Tahap Ketujuh ==> Minggu Ketujuh
Pada tahap ini panjang janin mencapai 5 - 15 mm, pada akhir minggu ketujuh, berat janin sudah mencapai 0,8 gram atau kira-kira sebesar biji kacang hijau. Pada tahap ini pula, pucuk lengan mulai membelah menjadi bagian-bagian tertentu, seperti bahu dan tangan.
Selain itu, jantung janin sudah terbagi menjadi bilik kanan dan bilik kiri, serta terdapatnya saluran udara di dalam paru-paru. Tentu saja pada tahap ini, stimulasi dan asupan gizi semakin diperlukan karena berbagai perangkat tubuh pada janin sudah banyak tercipta.
Tahap kedelapan ==>Minggu Kedelapan
Hingga memasuki minggu kedelapan, panjang janin sudah mencapai 14-20 mm. Pada tahap ini sudah banyak perubahan yang terjadi pada janin, seperti adanya ujung hidung dan kelopak mata yang sudah mulai berkembang dengan baik. Selain itu, telinga pun sudah tercipta, saluran yang menghubungkan paru-paru dengan tenggorokan mulai bercabang, serta lengan semakin membesar dan memiliki siku.
Pada tahap ini, kebutuhan janin akan asupan gizi juga semakin meingkat, disamping berbagai stimulasi lain yang dapat mendukung kecerdasan otaknya. Pada tahap ini, para ibu dianjurkan untuk sesering mungkin melakukan kontak dengan janin.
Tahap Kesembilan ==> Minggu Kesembilan
Pada tahap ini, telinga bagian luar janin sudah mulai terbentuk, demikian juga dengan kaki dan tangannya yang terus berkembang siring dengan munculnya jari kaki dan tangan yang juga sudah mulai tampak. Pada tahap ini, janin sudah mulai bergerak walaupun tidak terlalu terasa. Bahkan pada tahap ini, Anda sudah dapat mendengar detak jantungnya dengan menggunakan alat yang disebut doppler. Selain itu, panjang janin sudah mencapai 22-30 mm dengan berat mencapai 4 gram.
Tahap Kesepuluh ==> Minggu Kesepuluh
Pada tahap kesepuluh semua organ penting janin sudah terbentuk dan mulai bekerja sama dengan baik. Disamping itu, pertumbuhan otak juga sudah meningkat dengan cepat dan terdapat sekitar 250.000 sel saraf baru yang diproduksi setiap menit. Panjang janin ini juga sudah mencapai 32-43 mm dengan berat mencapai 7 gram. 
Dengan pertumbuhan otak dan peningkatan sel saraf yang begitu banyak, maka tahap ini menjadi tahap-tahap menentukan bagi kecerdasan si janin. Para ibu perlu memberikan perhatian yang lebih, baik dalam hal stimulasi maupun asupan gizi. 

Sumber: Aunillah, Nurla Isna, "Melatih Kecerdasan Janin Segenius Einstein!," Jogjakarta: Diva Press











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pastikan bahwa anda bukan alien hihihi...