Monggo dicari

Sabtu, 12 November 2011

Proses Persalinan yang Mendebarkan

disini aku ingin berbagi pengalaman saat menanti proses persalinan anak pertama...
mungkin dari sebagian temen cewe udah merasakan yang namanya proses persalinan...
bagi aku persalinan pertama ini mendatangkan berbagai macam rasa...ada rasa strawberry, jeruk...eh maksudnya ada perasaan cemas, takut, mendebarkan, dan berujung bahagia...Alhamdulillah yah,,,sesuatu...
oke kita mulai aja ceritanya...

persalinan ku ini sebenarnya udah masuk minggu ke 41 dimana usia janin udah melebihi dari yang seharusnya (40 minggu)...awalnya di minggu 37 aku udah merasakan kontraksi (his)...sebenarnya aku sendiri ga tau yang namanya kontraksi itu seperti apa karna ini merupakan kehamilan pertama...awalnya di pagi hari ketika aku mau berangkat kerja merasakan sakit yang teramat sangat di bagian pinggang, sakit itu terasa seperti mules dan diselingi sakit kaya pengen pup (bab) dan aku rasakan sampai malam hari dan ga hilang-hilang, aku pikir 'apakah ini yang dinamakan kontraksi,apakah aku akan melahirkan di usia kandungan yang baru 37 minggu?'...akupun mulai dilanda "galau" kata anak muda jaman sekarang mah...akhirnya aku telpon suami untuk pulang lebih cepat...sampai akhirnya ditengah malam yang dingin dan kebetulan malam jumat aku pun masih merasakan sakit itu hingga akhirnya dipaksa suami ke RS...suamiku termasuk suami siaga, tas yang berisi semua perlengkapan persalinan pun dibawanya...
sesampainya di RS aku d dorong menuju kamar bersalin pake kursi roda sama pa satpam padahal masih kuat jalan (udah kaya orang rempong aja deh ah...)
di kamar bersalin aku pun langsung ditangani bidan n langsung diperiksakan detak jantung janin n pergerakan janin pake alat yang namanya CTG, yang kaya gini nih alatnya
gbr. CTG 
setelah diperiksa pake CTG ternyata kata c bidan sakit yang aku rasakan ini merupakan braxton hicks alias kontraksi palsu...ternyata bukan alamat aja yang palsu kontraksi juga bisa palsu ckckc...selanjutnya aku diperiksa dalam dan ternyata hasilnya pun masih pembukaan 1...akhirnya aku pun pulang dengan sedikit kecewa karna ga jadi lahiran pada malam itu, tas yang berisi perlengkapan persalinan pun dibawa pulang kembali...malu rasanya kaya tereliminasi di acara API tapi g pake acara nangis2 sih :p
pas dirumah anehnya mulas dan sakit yang kurasakan HILANG sama sekali dan malah muncul flek, karna khawatir akupun konsultasi melalui tlp sama dokter kandungan yang slama ini memeriksa kehamilanku...c dktr bilang "itu gpp bu itu mah biasa asal jangan sampai keluar cairan ketuban aja itu bahaya"...dan akupun mulai sedikit tenang dan hari2 berikutnya aku mulai kembali beraktivitas seperti biasa dan pergi ke kantor seperti biasa...
sampai minggu ke 39 aku masih berangkat ke kantor dan tanda2 kontraksi pun tidak pernah dirasakan lagi,dikarenakan suami terlalu khawatir yang berlebih akhirnya akupun mengajukan cuti di akhir minggu ke 39...selanjutnya aku menanti saat2 persalinan di rumah saja...selama di rumah banyak orang via sms, bbm, fb yang bertanya mengenai kapan lahiran sampai akhirnya aku merasa stress sendiri karna kepikiran juga dan tak satupun pertanyaan orang2 tsb yang kujawab saking kesalnya dengan pertanyaan itu...
tiba di minggu ke 40 (10 Oktober 2011) aku kontrol kembali ke dktr kandungan, dan dokter menyarankan untuk di induksi pada hari rabu 12 Oktober 2011...dikarenakan aku banyak mendengar tentang induksi yang katanya lebih menyakitkan dibandingkan SC akhirnya aku mengurungkan diri karena takut...hiii...akhirnya pada hari minggu kuturut ayah ke kota,,,hadeuhh...hari minggunya tgl 16 Okt 2011 aku kontrol lagi walopun takut dimarahi dktr karna g jadi induksi...c dktr tetep nyaranin induksi hari esoknya pas diusia kandungan 41 minggu hari senin 17 Oktober 2011 karna takut malah membahayakan janinnya kalo kelamaan dikeluarkan...akhirnya aku pun mengalah...besoknya aku datang ke RS pas jam 8.00 wib, tapi aneh nya yang keliatan gugup n stress suamiku, sampai nyetir mobil n daftar d resepsionis pun terlihat gemeteran tangannya...tapi aku bersyukur punya suami siaga, selama di induksi dia selalu menemani disampingku kecuali kalo dia makan, sholat, ke toilet wkwkwk...
sesampainya di RS aku kembali ditangani bidan karna emang awal rencana persalinan normal dengan bantuan bidan...pemeriksaan awal dilakukan dan kembali diperiksa dengan menggunakan CTG...hasilnya denyut jantung janin bagus namun tetap belum ada kontraksi...jam 11.00 wib dimulailah induksi dengan memasang infus ditangan kiri...selama di induksi aku tetap bisa jalan2 sampai sore harinya...hal ini membuat bidan kebingungan infus udah udah mau abis 1 labu tapi aku tidak merasa kesakitan karena menurut pengalaman orang2 yang pernah induksi baru 1 jam aja mules udah ampun-ampunan...infusan pun abis 1 labu diganti labu ke 2, aku pun masih tidak merasakan sakit padahal hasil pemeriksaan CTG kontraksi sudah maksimal hampir 70%...subhanallah berkat ridha Allah aku tidak merasakan sakit yang berarti...dan sangat bersyukur sekali banyak sodara2 yang datang untuk mendoakan proses persalinanku berjalan lancar...mungkin ini keajaiban doa yang dikabulkan Allah SWT...Subhanallah...
bidan pun akhirnya menyerah setelah mencurigai bahwa janin ku berukuran besar...dia konsultasi ke dktr kandunganku dan dktr lsg melakukan USG, dari hasil usg bb janinku 3,8kg...ya memang besar sodara2 aku pun kaget krn sblmnya aku memang disuruh diet dan sempet turun 3kg tp kenapa c jabang bayi malah nambah terus berat badannya ya...
sampai jam 20.00 WIB dan infusan di labu ke 2 sudah habis setengahnya tapi belum menunjukkan perkembangan...c bidan melarangku untuk makan dan minum lagi langsung terlintas dipikiranku ya Allah kenapa aku harus di SC padahal ini lah yang sangat kutakutkan...ternyata eh ternyata suamiku udah tau duluan kalo aku harus di SC...dia ga mau bilang karna menjaga perasaanku...sampai akhirnya aku tau sendiri dari c bidan...aku pun tak tau lagi yang aku rasakan saat itu yang bisa kulakukan hanya nangis tapi demi kebaikan bayiku akupun berusaha tegar dihadapan orang2 padahal perasaanku kalang kabut dan lebih sedihnya ga bisa merasakan jadi ibu seutuhnya karna ga merasakan proses persalinan normal...
jam 23.00 aku disuruh ganti baju operasi, aku kaget ternyata harus malam ini juga aku di operasi...dengan pasrah aku terima kenyataan ini...lalu aku masuk kamar operasi...udah kaya di sinetron aku melambaikan tangan sm suamiku seakan2 mau ada perpisahan...Alhamdulillah opeari SC pun berjalan lancar hingga akhirnya keluar bayi dengan berat 4195gr panjang 53cm pada jam 23.25 dan dialah putra pertamaku dan suamiku
Reksa Legawa Hardinata
Subahanallah, alahamdulillah...dialah putra pertama kami yang kami beri nama Reksa Legawa Hardinata yang berarti selalu menjaga ketulusan hati...semoga nama ini menjadi doa disetiap perjalanan hidupnya...amiin...
bahagia rasanya melihat anakku lahir kemuka bumi ini walaupun harus mesakan sakit pasca SC tapi ini lah kado terindah dalam hidup kami...sehat terus ya nak...slalu menjadi kebanggaan kami orang tuamu...jadilah anak shaleh dan berguna bagi semua orang...amiin...

1 komentar:

  1. alhamdulillah....tapi cintaku jadi terbagi dua...

    BalasHapus

pastikan bahwa anda bukan alien hihihi...